√ Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat) - Ensiklopediasli

Kamis, 06 April 2017

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat)

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat) - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai media pembelajaran, adapun yang akan kita bahas yaitu pengertian media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, tujuan media pembelajaran, fungsi media pembelajaran dan manfaat media pembelajaran.

Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara yaitu perantara sumber pesan dengan penerima pesan. Menurut Arsyad (2011:4) media adalah alat yang menyampaikan pesan-pesan pengajaran.

Menurut Sadiman (2006:6) menyebutkan bahwa media sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima.

Berikut ini adalah pengertian, jenis, tujuan, fungsi dan manfaat media pembelajaran.

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat)



Pengertian Media Pembelajaran


Media pembelajaran menurut Sanaky (2011:14) merupakan sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran.

Menurut Gagne dalam Arsyad  (2011:4) media pembelajaran adalah segala hal meliputi alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran. Media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar guru (teatching aids) dalam menyampaikan pesan sehingga merangsang siswa untuk belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa  media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pengirim (guru) kepada penerima pesan (siswa).

Jenis Media Pembelajaran


Pada dasarnya media dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu media audio, media visual dan media audio visual. Pengelompokkan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi oleh Seels dan Glasgow melalui Arsyad (2011:33) dibagi dalam 2 kategori luas, yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media mutakhir.


1. Pilihan media tradisional


  • Visual diam yang diproyeksikan, meliputi: proyeksi apaque (tak tembus pandang), proyeksi overhead, slides, dan filmstrip.
  • Visual yang tak di proyeksikan, meliputi: gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, dan papan bulu.
  • Audio, meliputi: rekaman piringan, pita kaset, reel, dan catridge.
  • Penyajian multimedia, meliputi: slide plus suara (tape) dan multi image.
  • Visual dinamis yang diproyeksikan, meliputi: film, televisi, dan video.
  • Cetak, meliputi: buku teks, modul, teks terpogram, workbook, majalah ilmiah berkala, dan lembaran lepas (hand-out).
  • Permainan, meliputi: teka-teki, simulasi, dan permainan papan.
  • Realita, meliputi: model spacimen (contoh), dan manipulative (peta, boneka, diorama).


2. Pilihan media teknologi mutakhir


  • Media berbasis telekomunikasi, meliputi: telekonferen, kuliah jarak jauh.
  • Media berbasis mikroprosesor, meliputi: computer-assisted instruction, permainan koomputer, sistem tutor inteligen, interaktif, hypermedia, compact (video) disk,


Tujuan Media Pembelajaran


  1. Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif
  2. Mempermudah proses belajar-mengajar di kelas
  3. Untuk memberikan motivasi belajar pada siswa
  4. Meningkatkan efesiensi proses pembelajaran
  5. Menciptakan situasi yang tidak akan mudah dilupakan oleh siswa
  6. Menjaga relevansi antara materi pembelajaran dengan tujuan belajar
  7. Menumbuhkan keterampilan dan sikap tertentu dalam bidang teknologi
  8. Memberikan pengalaman belajar yang berbeda sehingga merangsang minat siswa untuk belajar
  9. Membantu konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.



Fungsi Media Pembelajaran


Salah satu fungsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut memengaruhi proses pembelajaran yang diciptakan oleh guru.

Menurut Hamalik dalam Arsyad (2011:15) pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan, minat, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar yang membewa pengaruh psikologis terhadap siswa.

Sudjana (2005:99) mengungkapkan fungsi pokok media pembelajaran adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan media dalam proses belajar-mengajar bukan merupakan fugnsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif.
  • Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar.
  • Media dalam pengajaran, penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pelajaran.
  • Penggunaan media dalam pengajaran sebagai alat hiburan yang digunakan untuk melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
  • Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempecepat proses belajar-mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
  • Penggunaan media dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar-mengajar.


Sedangkan Levie dan Lentz dalam Azhar Arsyad (2011:16) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran, yaitu:

a. Fungsi atensi


Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan pehatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.

b. Fungsi afektif


Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca eks yang bergambar.

c. Fungsi kognitif


Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang-lambang atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

d. Fungsi kompensatoris


Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

Manfaat Media Pembelajaran


Menurut Kemp dan Dayton dalam Arsyad (2011:21)


  • Penyampaian pembelajaran menjadi lebih baku
  • Pembelajaran bisa lebih menarik
  • Pembelajaran menjadi lebih interaktif
  • Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat
  • Kualitas hasil belajar dapat di tingkatkan
  • Pembelajaran dapat diberikan kapan dimana diinginkan atau diperlukan
  • Sikap positif siswa terhadap apa yang di pelajari
  • Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif.


Menurut Arsyad (2011:25) 


  • Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
  • Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
  • Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka.


Baca juga: Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)

Demikianlah artikel kali ini tentang Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close