√ 26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Ensiklopediasli

Senin, 05 September 2016

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli - Globalisasi berasar dari kata global yang dalam bahasa Inggris "Concerning the whole earth" yaitu sesuatu yang berkaitan dengan jagat raya/dunia. Sesuatu yang dimaksud disii adalah masalah, kejadian, kegiatan dan sikap.

Global juga dapat diartikan sebagai menyeluruh, di mana dunia ini tidak dibatasi lagi oleh batas-batas negara, wilayah, warna kulit, ras dan sebagainya.

Era globalisasi saat ini sangat erat kaitannya dengan transparansi atau keterbukaan. Transparansi berarti suatu keadaan di mana kondisi suatu daerah secara mudah dapat dilihat, diakses, dan diterima oleh masyarakat daerah lain. Karena transparansi/keterbukaan, maka segala pengaruh dari luar sangat mudah memasuki sebuah negara. Demikian pula sebaliknya, transparansi telah memengaruhi berbagai sendi kehidupan, baik dibidang pemerintahan, ekonomi, politik, sosial budaya maupun keamanan dan pertahanan.

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)



Berikut ini adalah pengertian globalisasi menurut beberapa ahli, yaitu sebagai berikut.

1. John Huckle (Miriam Steiner, 1996)


Globalisasi ialah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia, menjadi konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat yang jauh.

2. Albrow (Yaya, 1998)


Globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Oleh sebab itu, proses ini bersifat majemuk sehingga kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan. Globalisasi mengandung unsur dari proses, individu/manusia yang heterogen, tetapi memiliki kebutuhan yang sama.

3. A.G. McGrew


Globalisasi mengacu pada keseragaman hubungan dan saling keterkaitan antarmasyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

4. M. Waters


Globalisasi adalah sebuah proses sosial di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

5. Emmanuel Richter


Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantugan dan persatuan dunia.

6. Menurut Bank Dunia


Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.

7. Menurut International Monetary Fund (IMF)


Globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan bergamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

8. Menurut Lodge


Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun lingkungan.

9. Menurut Ichlasul Amal


Globalisasi adalah proses munculnya masyarakat global, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik dengan melampaui batas-batas negara, baik ideologis dan lembaga-lembaga politik dunia.

10. Menurut Sri Budi Eko Wardani


Globalisasi adalah suatu proses di mana hubungan-hubungan atau transaksi ekonomi, politik, dan sosial kultural makin tak memperhitungkan batas-batas negara dan mengaburkan batas kedaulatan suatu negara.

11. Laurence E. Rothenberg


Globalisasi adalah kecepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintahan dari negara-negara yang berbeda.

12. Selo Soemardjan


Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat seluruh dunia.

13. Achmad Suparman


Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah suatu negara.

14. Scholte


Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini tiap-tiap negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun semakin tergantung satu sama lain.

15. Leonor Briones


Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, hak asasi manusia, pembangunan sosial, dan pergerakan perempuan.

16. Steger


Globalisasi adalah kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya dan lingkungan global dan arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas yang tidak relevan.

17. Anthony Giddens


Proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Globalisasi ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga ( yang pernah dijajah barat dan mayoritas hidup dari pertanian).

18. Tom G. Palmer


Globalisasi sebagai "penyusutan atau penghapusan negara diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai sebuah akibat.

19. Lucian W. Pye


Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau worldculture).

20. Takis Fotopoulos


Globalisasi ekonomi "sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, modal dan tenaga kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberal". Globalisasi politik "munculnya elit transnasional dan keluar bertahap dari negara-bangsa". Globalisasi budaya "adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia".

21. Joseph Stiglitz


Globalisasi adalah integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi dan komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan untuk arus barang, jasa, modal, pengetahuan, dan orang diseluruh perbatasan.

22. Thomas L. Friedman


Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan tekonologi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi ideologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.

23. Merriam Webster Dictionary


Perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas, dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

24. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan


Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

25. Peter Drucker


Globalisasi adalah zaman transformasi sosial.

26. Wikipedia Ensiklopedia


Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Baca juga : Faktor Pendorong/Pendukung Globalisasi

Demikianlah artikel kali ini tentang 26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber : LKS Pendidikan Kewarnegaraan Untuk SMP Kelas IX

Get notifications from this blog

 
close