√ Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola - Ensiklopediasli

Minggu, 29 November 2015

Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola - Sepak Bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing pemain beranggotakan 11 orang. Olahraga ini sangat populer dan dimainkan di 200 negara hingga saat ini.

Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit yang berukuran 27-28 inci. Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola memiliki lebar 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.

Sepak Bola


Sejarah permainan sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya organisasi yaitu Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinnan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Berikut ini adalah Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola.

Pengertian Permainan Sepak Bola


Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu "sepak" dan "bola". Sepak atau menyepak dapat diartikan menendang (menggunakan kaki) sedangkan "bola" yaitu alat permainan berbentuk bulat dengan bahannya karet, kulit atau sejenisnya.

Jadi secara singkatnya arti dari permainan sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemain, dengan sasaran gawang dan betujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan/mencetak sebuah gol dan memenangkan permainan.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola


1. Teknik menggiring dilanjutkan menembakkan bola ke gawang

Menggiring bola

Cara melakukan latihannya yaitu sebagai berikut.
a. Dari tengah lapangan, pemain menggiring bola dengan berlari menuju arah gawang.
b. Sampai daerah batas hukuman, bola dikontrol dan ditembakkan sekeras-kerasnya serta di upayakan agar masuk ke gawang.
c. Latihan menggiring dan menembakkan bola ke arah gawang dapat dilakukan dengan kaki kiri dan kanan secara bergantian.

2. Teknik mengoper bola kepada teman yang berada di muka gawang

mengoper bola

Mengoper atau mengumpan dalam permainan sepak bola dapat kita lakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan kaki bagian dalam, bagian luar, ujung kaki, dan punggung kaki. Dalam latihan teknik mengoper, pemain harus dapat merasakan bagaimana perkenaan kaki dengan bola. Dalam teknik ini kaki tumpu perlu diperhatikan sebab ke mana arah ujung kaki tumpu, ke sanalah arah bola yang akan dioperkan.

Dalam pelajaran kali ini pemain akan berlatih mengoper bola kepada teman yang berada di muka gawang. Cara melakukan latihannya sebagai berikut.
a. Dari garis tengah pinggir lapangan, salah seorang siswa menggiring bola ke depan.
b. Dari jarak kurang lebih 30 meter ke gawang, bola dioperkan kepada teman yang telah siap di depan gawang.
c. Latihan ini dilakukan dari sebelah kiri dan kanan gawang secara bergantian.

Baca selengkapnya: Teknik Dasar Bermain Sepak Bola [LENGKAP+Gambarnya]

Peraturan Permainan Sepak Bola


Permainan sepak bola dimainkan oleh dua regu dengan tiap regu berjumlah 11 orang pemain, terdiri dari 1 penjaga gawang dan 10 pemain diantaranya adalah pemain bek, pemain tengah, dan penyerang. Permainan ini dilakukan dalam 2x45 menit waktu normal, dan dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh 2 orang hakim garis. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Regu/tim yang paling banyak mencetak gol maka dinyatakan menang dalam sebuah pertandingan.

Baca selengkapnya : Peraturan Permainan Sepak Bola [LENGKAP] Berdasarkan FIFA

Demikianlah artikel ini tentang Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Sekian dari saya dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Referensi : LKS Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas IX, http://materipenjasorkes.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-teknik-dasar-dan-peraturan.html

Get notifications from this blog

 
close