√ Kelebihan dan Kekurangan dalam Penggunaan Internet - Ensiklopediasli

Senin, 23 November 2015

Kelebihan dan Kekurangan dalam Penggunaan Internet

Kelebihan dan Kekurangan dalam Penggunaan Internet - Pada abad sekarang ini, memang internet sangat dibutuhkan oleh semua kalangan. Internet menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam mengakses informasi. Internet juga mempermudah kita untuk mencari pelajaran yang tidak kita dapatkan di sekolah. Keunggulan internet sangatlah beragam, walaupun begitu internet tetap mempunyai kelemahan. Dibawah ini adalah Keunggulan dan Kelemahan Internet antara lain sebagai berikut.



Kelebihan Internet


Kelebihan Internet

1. Jangkauan Global (mendunia)


Internet merupakan jaringan komputer yang tersambung dan bersifat global (mendunia), dan tanpa mengenal ruang dan waktu. Dengan kata lain kita bisa mengakses data melampaui batas-batas wilayah negara, berarti kita bisa mendapatkan informasi tanpa mengenal siapa dan di negara mana dia berada.

2. Akses non stop (24 jam)


Dalam mengakses internet, kita tanpa dibatasi dengan ruang dan waktu, dimanapun, dan kapanpun, sehingga dengan adanya internet dunia ini menjadi seperti sebuah dusun yang kecil/rumah bagi kita.

3. Kecepatan dan Keakuratan


Hadirnya internet komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hanya meng-klik sebuah link maka informasi yang kita butuhkan akan segera kita dapatkan.

Kekurangan Internet


Kekurangan Internet

1. Virus Komputer


Pertama kali istilah "virus" digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan "virus" karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu yang telah terinfeksi tadi dieksekusi.

Virus komputer bisa diartikan sebuah program kecil yang mempunyai kemampuan untuk mengandalkan dirinya sendiri dan menganggu dan merusak sistem komputer. Virus bisa melakukan aktivitasnya bila file atau program yang sudah terjangkit oleh virus tertentu dijalankan. Virus komputer menjadi salah satu ancaman bagi para pengguna komputer dan pengguna internet. Karena dengan menggunakan internet virus komputer cepat sekali menyebar ke pengguna internet di berbagai belahan dunia.

2. Cyber Crime


Cyber Crime atau kejahatan dunia maya dapat diartikan kejahatan atau tindakan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan sarana komputer ataupun internet. Di samping ada keuntungan yang lebih dari internet, internet juga membawa ancaman yang besar, antara lain : pornografi, Carding (penipuan lewat kartu kredit), perjudian, dan penipuan.

Demikianlah artikel ini tentang Kelebihan dan Kekurangan dalam Penggunaan Internet. Selain kita internetan kita juga harus tau kegunaan dan kelemahannya. Sukai halaman saya jika Anda cinta blog ini :)

Baca Juga : Senjata Militer Canggih Buatan Indonesia Yang Mendunia

Sumber : LKS Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX

Get notifications from this blog

 
close