√ Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju - Ensiklopediasli

Selasa, 23 Juni 2015

Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju

Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju
Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju - Bulan suci Ramadhan telah datang, tahun ini adalah tanggal 1 Ramadhan 1436 Hijriah, yang jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 Masehi kemarin. Saya selalu bertanya kepada diri saya sendiri , mengapa setiap tahun bulan ramadhan selalu maju tiap tahunnya. Itu menjadi pertanyaan yang selalu ada di benak saya. Dan akhirnya saya mencari tahu dengan menelusuri di "Mbah Google" yang memiliki banyak ilmu. Sebelum kita masuk ke inti pembicaraan, pertama-tama kita harus mengetahui perbedaan Kalender Hijriah vs Kalender Masehi.

Perbedaan Kalender Hijriah vs Kalender Masehi

Kalender Hijriah
Kalender Hijriah

Kalender Masehi
Kalender Masehi


Penjelasan Perbedaan Kalender Hijriah dan Kalender Masehi

Sistem penanggalan pada Kalender Hijriah didasarkan pada perubahan frase Bulan, dari bulan penampakan hilal atau bulan sabit tipis ke hilal berikutnya. 1 periode hilal sama dengan 1 periode sinodis bulan, lamanya adalah 29,5306 hari.

Berbeda dengan Kalender Masehi yang digunakan di seluruh dunia untuk kepentingan administrasi, Kalender Bulan biasanya digunakan untuk keperluan ritual agama dan tradisi. Kedua kalender tersebut, sama-sama terdiri dari 12 bulan. 1 tahun Hijriah memiliki 12 periode sinodis bulan atau 354,366 hari, dibulatkan menjadi 354 hari atau 355 hari untuk tahun kabisat.

Kalender Masehi didasarkan pada peredaran Bumi mengelilingi Matahari dari satu titik tertentu yang disebut solstis atau equinox kembali ke titik itu. Lama perjalanan Bumi mengelilingi Matahari adalah 365,2422 hari disebut tahun tropis, dibulatkan menjadi 365 hari atau 366 hari untuk tahun kabisat.

Perbedaan jumlah hari dalam satu tahun Hijriah dan Masehi menyebabkan pelaksanaan ibadah Ramadhan, perayaan Idul Fitri, dan Idul Adha selalu maju 10-12 hari dari tahun sebelumnya. Selisih 10 hari lebih maju terjadi jika tahun Kalender Hijriah adalah tahun kabisat dan tahun Kalender Masehi-nya adalah tahun biasa atau tahun basit (pendek). Tetapi, jika 12 hari lebih maju terjadi pada tahun Hijriah-nya tahun biasa dan tahun Masehi-nya termasuk tahun kabisat.

Sistem penanggalan memakai Bulan sebagai acuan disebut Penanggalan Bulan (lunar/qamariyah). Kalender Jepang juga memakai periodisitas penampakan Bulan. Sedangkan, Penanggalan memakai Matahari sebagai acuan, yaitu Kalender Masehi atau Kalender Kristiani atau Penanggalan Matahari (Solar/Syamsiyah). Sedangkan Kalender China dan Yahudi memadukan sistem penanggalan Matahari dan Bulan secara bersamaan atau menggunakan sistem penanggalan Matahari-Bulan (Luni-Sonar).

Itulah perbedaan yang membuat Bulan Ramadhan selalu datang lebih awal tiap tahunnya, sehingga kita tidak pernah merasakan hari pertama puasa di tanggal yang sama maupun saat Idul Fitri dan Idul Adha. Ada kemungkinan nanti kita akan berpuasa pada bulan Januari dan tidak dapat dipungkiri kemungkinan juga akan merasakan bulan puasa sebanyak 2 kali dalam 1 tahun Masehi


Referensi: http://kamar-bujang2.blogspot.com/2015/06/ada-yang-tahu-mengapa-penanggalan-bulan.html, 
http://sains.kompas.com/read/2010/08/11/09585030/Kalender.Bulan.Vs.Matahari, 
http://www.kaskus.co.id/thread/5584df53d44f9fcc328b4567/?ref=forumlanding&med=hot_thread.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan dan dikomentari ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close