Thursday, July 20, 2017

10 Gunung Tertinggi di Dunia (Gambar dan Penjelasan)

Ini dia Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia dengan Gambarnya - Gunung tertinggi di dunia yang terletak di pegunungan Himalaya,  gunung itu ialah Gunung Everest dengan ketinggian sekitar 8.848 m. Gunung Everest berada di wilayah perbatasan negara Nepal dan Tiongkok (Tibet) sebagai tujuan yang ingin ditaklukkan/didaki oleh para pendaki gunung di seluruh dunia.

Namun, ada artikel yang mengatakan jika Gunung Everest bukan gunung tertinggi di dunia, gunung tertinggi di dunia adalah Mauna Kea yamg berada di Hawai, Amerika Serikat. Jika diperhatikan Mauna Kea memang terlihat lebih rendah dibandingkan Gunung Everest. Ketinggian Mauna Kea hanya 4.205 m dari atas permukaan laut. Tapi, ternyata kaki gunung Mauna Kea tidak benar-benar berada di atas permukaan laut. Total tinggi Mauna Kea yang sebenarnya adalah mencapai sekitar 10.200 m. Karena kaki dari Mauna Kea berada di bawah permukaan laut, sekitar 6.000 m tubuh Mauna Kea ada di dalam laut.

Dari 10 Gunung Tertinggi di Dunia yang nanti akan dibahas, 9 diantaranya berada di pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Tiongkok, India, Nepal, dan Pakistan. Semua gunung-gunung tersebut berada di wilayah Asia. Berikut ini Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia.

Gunung Tertinggi di Dunia

1. Gunung Everest

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Everest (news.liputan6.com)



Gunung Everest menjadi gunung tertinggi di dunia yang terletak di Pegunungan Himalaya. Gunung Everest berada diperbatasan negara Nepal dan Tiongkok (Tibet). Gunung Everest memiliki ketinggian sekitar 8.848 m dari atas permukaan laut. Sebutan lain dari Gunung Everest Sagarmatha/Chomolungma. Orang pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest adalah Tenzing dan Hillary pada tahun 1953.

2. Gunung Godwin Austen

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Godwin Austen (berbagiinfoyukk.blogspot.com)

Pada posisi kedua yaitu Gunung Godwin Austen yang terletak pada Pegunungan Karakoram di perbatasan negara Pakistan dan Tiongkok (Tibet). Gunung Godwin Austen memiliki ketinggian sekitar 8.611 m dari atas permukaan laut. Sebutan lain dari Gunung Godwin Austen K2/Qogir. Orang pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Godwin Austen adalah Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni pada tahun 1954.

3. Gunung Kangchenjunga

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Kangchenjunga (mencari-rahasia.blogspot.com)

Gunung paling tinggi yang ketiga adalah Gunung Kangchenjunga. Gunung Kangchenjunga terletak pada Pegunungan Himalaya di perbatasan antara negara Nepal dan India. Gunung Kangchenjunga tingginya sekitar 8.586 m dari atas permukaan laut. Manusia yang pertama kali berhasil mencapai puncak Gunung Kangchenjunga adalah Joe Brown dan George Band pada tahun 1954.

4. Gunung Lhotse

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Lhotse (hutan-gunung.blogspot.com)

Gunung Lhotse merupakan gunung tertinggi keempat di dunia. Gunung Lhotse terletak di Pegunungan Himalaya dan berada di perbatasan negara Nepal dan Tiongkok (Tibet). Gunung Lhotse memiliki tinggi sekitar 8.516 m dari atas permukaan laut. Penakluk pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Lhotse adalah Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

5. Gunung Makalu

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Makalu (badar7project.wordpress.com)

Gunung Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung Makalu terletak di Pegunungan Himalaya dan berada di perbatasan antara negara Nepal dan Tiongkok. Gunung Makalu mempunyai ketinggian 8.463 m dari atas permukaan laut. Penakluk pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Makalu adalah Lionel Terray dan Jean Couzy pada tahun 1955.

6. Gunung Cho Oyu

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Cho Oyu (simanja.info)

Gunung tertinggi yang keenam adalah Gunung Cho Oyu. Gunung Cho Oyu terletak pada Pegunungan Himalaya. Gunung Cho Oyu berada di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Gunung Cho Oyu memiliki ketinggian sekitar 8.188 m. Manusia pertama yang berhasil mendaki puncak Gunung Cho Oyu adalah Joseph Jochler, Herbert Tichy dan Pasang Dawa Lama pada tahun 1954.

7. Gunung Dhaulagiri

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Dhaulagiri (www.detikunik.com)

Gunung Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Gunung Dhaulagiri terletak di Pegunungan Himalaya. Gunung Dhaulagiri berada di negara Nepal. Gunung Dhaulagiri memiliki tinggi 8.167 m. Penakluk pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Dhaulagiri adalah Kurt Diemberger, E. Forrer, P. Diener, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, dan Nawang Dorje Sherpa pada tahun 1960.

8. Gunung Manaslu

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Manaslu (simanja.info)

Gunung tertinggi di dunia urutan kedelapan adalah Gunung Manaslu. Gunung Manaslu terletak di Pegunungan Himalaya. Gunung Manaslu berada di negara Nepal. Gunung Manaslu memiliki ketinggian 8.156 m. Penakluk pertamanya adalah Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu pada tahun 1956.

9. Gunung Nanga Parbat

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Nanga Parbat (life.viva.co.id)

Gunung tertinggi urutan kesembilan adalah Gunung Nanga Parbat. Gunung ini terletak di Pegunungan Himalaya. Gunung Nanga Parbat berada di negara Pakistan. Gunung Nanga Parbat mempunyai ketinggian sekitar 8.126 m. Orang yang pertama kali menaklukkan gunung ini adalah Hermann Buhl pada tahun 1953.

10. Gunung Annapurna

Daftar Lengkap 10 Gunung Tertinggi di Dunia
Gunung Annapurna (m.kwikku.com)

Gunung Annapurna adalah gunung tertinggi yang terakhir/kesepuluh. Gunung ini terletak di Pegunungan Himalaya. Gunung Annapurna berada di negara Nepal. Gunung ini memiliki ketinggian 8.091 m. Orang yang pertama kali mendaki puncak gunung ini adalah Maurice Herzog dan Louis Lachenal pada tahun 1950.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang sepuluh Gunung Tertinggi di Dunia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi: http://ilmupengetahuanumum.com/10-gunung-tertinggi-di-dunia/

Berkomentarlah dengan bijak
EmoticonEmoticon