Saturday, March 25, 2017

Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contohnya)

Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Kaidah, Contohnya) - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teks eksplanasi. Adapun yang akan kita bahas yaitu pengertian teks eksplanasi kompleks, struktur teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan contoh-contoh teks eksplanasi.

Pernahkah kamu memperhatikan proses terjadinya sesuatu atau proses membuat sesuatu, seperti proses terjadinya hujan, gerhana bulan, kabut, atau proses yang lain? Proses-proses tersebut dipelajari dalam teks eksplanasi kompeks.

Tentu pengetahuan tentang proses-proses tersebut di kemas dalam teks eksplanasi kompleks dengan memperhatikan segi/struktur dan kaidah agar terdapat kejelasan.

Uraian tentang terjadinya suatu gejala alam, gejala sosial, dan hal-hal yang sejenis dapat dipelajari dalam teks eksplanasi kompleks, teks eksplanasi dapat dipelajari melalui ragam lisan dan ragam tulis. Yang dipelajari dalam ragam lisan disebut eksplanasi lisan dan yang dipelajari dalam ragam tulis tergolong eksplanasi tulis.

Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contohnya)



Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi kompleks ialah teks yang mempunyai fungsi sosial untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu dapat terjadi. Dengan kata lain, teks eksplanasi kompleks ialah teks yang berisi penjelasan yang detail tentang bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi.

Teks eksplanasi kompleks umumnya mencakupi uraian tentang gejala alam, gejala sosial dan kebudayaan, atau proses tahapan sesuatu.

Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, teks eksplanasi memiliki arti sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan sebagainya.

Selanjutnya berdasarkan Restuti, teks eksplanasi memiliki arti sebagai teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam dan sosial.

Terakhir menurut Mahsun, teks eksplanasi adalah teks yang dibuat dengan struktur yang terdiri dari bagian yang menunjukkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), serta interpretasi (penutup). Bagian pernyataan umum memberikan informasi singkat tentang hal yang dibicarakan. Bagian deretan penjelasan berisi penjelasan peristiwa, dan terakhir bagian penutup berisi interpretasi yang boleh ada ataupun tidak.

Dari ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan teks eksplanasi kompleks adalah sebuah teks yang berisi tentang penjelasan akan suatu masalah atau fenomena alam, sosial, ataupun budaya dengan struktur berupa pendahuluan, isi dan penutup. Semuanya disusun secara kompleks dan jelas untuk memberikan informasi terpercaya.

Struktur Teks Eksplanasi


Mahsun (2003:189), menyatakan "Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi atau penutup".

1. Pernyataan umum (pembuka)


Berisi tentang penjelasan umum mengenai fenomena yang akan dibahas, dapat berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan dalam teks eksplanasi berupa gambaran secara umum tentang apa,siapa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana proses peristiwa tersebut dapat terjadi.


2.  Deretan penjelas (Isi) berkaitan Sebab-Akibat


Bagian ini berisi rangkaian penjelasan tentang bagaimana dan mengapa sesuatu bisa terjadi atau bekerja secara jelas.

3. Interpretasi (opsional)/Penutup


Berisikan penutup yang bersifat pilihan, bukan sebuah keharusan, yaitu teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas yang dapat ada ataupun tidak. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi


  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas berkaitan sebab-akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang ada berdasarkan fakta (faktual) dan data. Penjelasan harus disertai dengan segala bentuk data-data akurat yang didapatkan.
  • Bersifat informatif/bersifat memaparkan data. Menjelaskan informasi secara nyata, tanpa bersifat menggurui atau mendoktrin. 
  • Bersifat objektif. 
  • Membahas mengenai pengetahuan dan peristiwa, harus memberikan suatu informasi dan pengetahuan yang akan dipaparkan sesuai dengan peristiwa yang terjadi beserta proses-proses sebab akibatnya.


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Untuk memahami teks eksplanasi kompleks, dibutuhkan pengetahuan untuk mengenal kaidah-kaidahnya. Kaidah-kaidah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan kata benda yang bersifat umum, seperti pesawat terbang, telepon seluler, mobil, dan gunung berapi.
  2. Menggunakan kata kerja, seperti lari, kerja, dan mendorong.
  3. Menggunakan pernyataan mengapa dan bagaimana dalam mengungkapkan proses.
  4. Menggunakan fakta, seperti robot dapat bergerak karena dia mempunya mesin.
  5. Menggunakan bentuk kalimat pasif, seperti energi berasal dari matahari.

Untuk lebih memperjeas pemahaman terhadap teks eksplanasi kompleks, baiklah kita cermati contoh berikut.

Contoh Teks Eksplanasi

Proses Terjadinya Pemanasan Global Secara Sistematis


Penjelasan umum


Pemanasan global dapat terjadi di mana saja. Diawali dengan radiasi dan berlanjut pada berbagai akibat yang ditimbulkan.

Penjelasan proses


Sinar radiasi matahari seperti inframerah, datang ke bumi. Hanya 30% yang terserap, sisanya dipantulkan kembali ke luar angkasa. Ketika gas CO2 dan buangan industri dilepaskan ke udara, gas yang tidak terurai kembali akan menghambat proses pemantulan radiasi matahari. Radiasi akan terperangkap dan menaikkan suhu udara.

Faktanya gas CO2 akan terurai karena tumbuhan membutuhkan CO2 dan mengluarkan O2 lepas ke udara sebagai hasil proses fotosintesis.

Namun, berkembangnya sektor perindustrian di dunia, juga pemakaian kendaraan yang berlebihan, sampah buangan rumah tangga, dan penggunaan hutan tropis yang berlebih tanpa disertai proses penghijauan sebagai penyeimbangnya, menyebabkan gas buangan tidak terurai dan menghambat pantulan sinar radiasi matahari.

Penutup


Di sinilah terjadi pemanasan global secara sistematis.

Baca juga: Teks Cerpen (Pengertian, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Kaidah)

Demikianlah artikel kali ini tentang Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contohnya). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Bahasa Indonesia Disusun Oleh: Dra. Maryam Kasnaria.

Berkomentarlah dengan bijak
EmoticonEmoticon