√ Sejarah dan Istilah-istilah dalam Sepak Bola - Ensiklopediasli

Jumat, 23 September 2016

Sejarah dan Istilah-istilah dalam Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola dan Istilah-istilah dalam Sepak Bola - Permainan sepak bola merupakan salah satu permainan bola besar beregu/berkelompok. Permainan ini dapat dilaukan di tanah lapang. Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan.

Berikut ini adalah sejarah sepak bola dan istilah-istilah dalam sepak bola.

Sejarah dan Istilah-istilah dalam Sepak Bola


Sejarah sepak bola


Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan 3 sebelum Masehi di Cina, permainan menendang dan membawa bola juga digemari mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan sangat digemari. Bangsa Inggris-lah yang pertama kali mendirikan perserikatan persepakbolaan dengan nama Football Association pada tahun 1863.

Julius Rimet menjadi ketua Federation International Football Association (FIFA) pada tahun 1921-1951. Ia menetapkan setiap 4 tahun sekali diadakan kejuaraan sepakbola seluruh dunia, Organisasi internasional sepak bola disebut FIFA. FIFA didirikan tanggal 21 Mei 1904 atas inisiatif Guerin dari Prancis.

Pada tanggal 19 April 1930 dibentuklah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) diketuai oleh Ir. Suratin Sosrosugondo.

Istilah-istilah dalam sepak bola


1. Offside


Seorang pemain dinyatakan offside apabila salah seorang pemain atau lebih pemain berada di depan dekat daerah gawang, sebelum bola dioperkan oleh temannya, sedangkan posisi pemain lawan berada di belakangnya.

2. Tendangan bebas


Tendanga bebas terdiri dari dua macam, yaitu tendangan bebas langsung dan tentangan bebas tidak langsung.

3. Tendangan Penalti


Pada dasarnya tendangan penalti merupakan tendangan hukuman atas pelanggaran yang dilakukan oleh pihak lawan di dalam kotak pinalti.

4. Hand ball


Hand ball merupakan satu hukuman apabila pemain menyentuh bola dengan tangannya, baik sengaja maupun tidak sengaja (selain penjaga gawang).

5. Lemparan ke dalam


Lemparan ke dalam terjadi jika bola keluar dari garis samping lapangan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Jika bola keluar lapangan menyentuh kaki lawan atau disengaja atau tidak disengaja oleh kaki lawan maka yang berhak melempar adalah kita atau sebaliknya.

Baca juga: Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Demikianlah artikel kali ini tentang Sejarah dan Istilah-istilah dalam Sepak Bola. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: LKS Pendidikan Jasmani dan Olahraga IX

Get notifications from this blog

 
close