√ Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Murni Nusantara - Ensiklopediasli

Sabtu, 05 Desember 2015

Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Murni Nusantara

Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Murni Nusantara - Seni murni, yaitu bentuk seni rupa yang diciptakan dengan lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya (seniman) tanpa mencampuradukkan dengan fungsi atau kegunaan tertentu. Seni murni diciptakan khusus untuk dinikmati segi estetik dan artistiknya. Kebebasan dalam berekspresi menjadi hal penting dalam berkarya seni murni.


Seni rupa murni lebih mengkhususkan diri pada proses penciptaan karya seninya dilandasi oleh tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin senimannya. Seni murni diciptakan berdasarkan kreativitas dan ekspresi yang sangat pribadi (lukis, patung, grafis, dan keramik). Namun dalam hal tertentu, karya seni rupa murni itu dapat pula diperjual-belikan atau memiliki fungsi sebagai benda pajangan dalam sebuah ruang.

Seni lukis

Seni rupa murni daerah setempat adalah karya seni rupa murni yang menggambarkan adanya nilai-nilai budaya daerah setempat. Gaya seni rupa murni daerah setempat

  • Gaya Primitif (Prima) atau pokok atau yang mendasar atau sederhana yang terjadi pada jaman prasejarah.
  • Gaya Klasik atau kuno atau tradisional yang terjadi pada masa Hindu Budha di Indonesia. Gaya ini mengalami perubahan dari primitif (sederhana) menjadi bentuk yang rumit dan ornamental


a. Seni Lukis


Seni lukis adalah hasil curahan cita rasa subyek pencipta dengan menggunakan unsur-unsur seni rupa dalam bidang dua dimensi. Keunggulan seni lukis terdapat pada ketepatan bentuk dan rupa alam dalam kenyataan, dengan kata lain ketepatan tentang perspektif, proporsi, dan warna.

Alat Seni Lukis

Suatu lukisan dikatakan baik apabila memperhatikan proporsi dan bahan yang dipakai. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan seni lukis. Hal ini terbukti dengan beragamnya aliran-aliran dalam seni lukis. Tujuan dari mempelajari dan mengetahui beberapa aliran seni lukis adalah untuk meningkatkan:

  1. Kreasi artinya setelah mengerti berbagai aliran dan contoh-contoh karya seni lukis, maka diharapkan seseorang dapat menangkap pengalaman yang dilihatnya serta mewujudkan gagasan isi hatinya yang diwujudkan dalam karya seni lukis.
  2. Ekspresi artinya setelah melihat beberapa aliran seni lukis diharapkan seseorang akan tergugah imajinasinya untuk mengekspresikan isi hatinya, dan berani mencoba berkarya untuk mengungkapkan jiwanya dengan mencoba berbagai aliran seni lukis.
  3. Apresiasi artinya setelah melihat, mengamati, mengagumi, menikmati, dan mengetahui berbagai macam aliran seni lukis maka timbullah pembicaraan, pemikiran, dan akhirnya dapat menilai dan menghargai hasil karya orang lain.


b. Seni Patung


Seni patung merupakan satu bentuk seni rupa yang berwujud tiga dimensi. Seni patung juga sudah berumur tua. Awalnya patung-patung tersebut dibuat untuk ritual pemujaan. Patung-patung tersebut ada yang terbuat dari kayu atau bongkahan batu.

Seni Patung

Hingga saat ini, teknik pembuatan patung terus mengalami perkembangan, misalnya dengan membentuk (membutsir), memahat atau mengukir, dan mencor. Bahan yang digunakan juga semakin beragam seperti tanah liat, plastisin, lilin, bubur kertas, semen, gips, sabun, dan es. Berdasarkan cara pembuatannya, patung dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu

  1. Patung pahatan (carving), jenis patung ini dibuat dari bahan yang utuh (monolit). Bahan-bahan yang sering digunakan adalah batu, marmer, kayu, cadas, es.
  2. Patung plastis (modelling), dibuat dengan cara menempelkan bahan sedikit demi sedikit sehingga menjadi bentuk yang diinginkan. Bahan yang digunakan antara lain: tanah liat, lilin, bubur kertas, dan semen.
  3. Patung cor, dibuat dengan cara membuat cetakannya terlebih dahulu.

Menurut bentuknya, patung dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Patung piguratif adalah patung yang bentuknya merupakan bentuk tiruan dari alam secara lahiriah. Misalnya patung dada, patung tubuh, dan relief.
  2. Patung imajinatif adalah patung yang merupakan gambaran alam angan-angan.


Demikianlah artikel kali ini tentang Mengidentifikasi Jenis Karya Seni Murni Nusantara. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan Terimakasih.

Sumber : LKS Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IX

Get notifications from this blog

 
close