√ Komponen-Komponen Perangkat Output Komputer - Ensiklopediasli

Jumat, 23 Oktober 2015

Komponen-Komponen Perangkat Output Komputer

Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keluaran komputer antara lain :

1. Monitor

Komputer biasanya dihubungkan pada peranti display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Ketika membeli komputer baru, monitor biasanya harus dibeli secara terpisah.

Memahami karakteristik monitor yang baik akan membantu dalam menentukan monitor terbaik untuk sistem yang spesifik. Istilah berikut ini memiliki kaitan erat dengan monitor.

- Pixels : Elemen gambar. Tampilan layar terdiri dari pixel atau titik kecil, pixel diatur dalam baris melewati layar. Tiap pixel mengandung 3 warna yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
- Dot Pitch : Ukuran seberapa dekat titik fostor dalam layar. Semakin bagus dot pitchnya maka kualitas tampilan akan lebih baik.
- Refresh Rate : Tingkat tampilan layar direfresh. Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan layar akan semakin stabil.
- Color Depth : Nomor untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya, maka semakin banyak warna yang dihasilkan.
- Video RAM (VRAM) : Memori yang dimiliki oleh kartu video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang bisa ditampilkan. Kartu video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol refresh rate.
- Resolution : Bervariasi tergantung nomor pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar resolusi akan semakin baik. Semaik tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam.
- Monitor screen sizes : Diukur dalam inci. Ukuran yang paling umum adalah 14", 15", 17", 19" dan 21", dihitung diagonal.
- Display Warna : Warna diciptakan dengan mengubah-ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya merupakan pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional.

monitor vektor


Monitor berkualitas tinggi dan kartu video berkualitas tinggi diperlukan untuk mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula.

2. Printer


printer vektor

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga bisa dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyaknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasil cetakannya.

Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :

- Dot Matrik : printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
- Inkjet : printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
- Laser printer : printer jenis ini menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.

3. Speaker


speaker vektor

Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.

4. Proyektor/Infocus


proyektor infocus

Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.

5. Plotter


plotter vektor

Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.

Rangkuman
Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Beberapa jenis peralatan yang termasuk media output diantaranya monitor, printer, proyektor, plotter.
Baca Juga : Komponen-Komponen Perangkat Input Komputer

Demikianlah artikel kali ini tentang Komponen-Komponen Perangkat Output Komputer. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan tunggu artikel yang bermanfaat lainnya dari Ensiklopediasli. Terimakasih

Sumber : Ebook Perakitan Komputer 

Get notifications from this blog

 
close