√ Sejarah Zombie Sang Komandan Islam Dan Kejayaan Islam di Brazil - Ensiklopediasli

Jumat, 12 Juni 2015

Sejarah Zombie Sang Komandan Islam Dan Kejayaan Islam di Brazil

Sejarah Zombie Sang Komandan Islam Dan Kejayaan Islam di Brazil

Sejarah Zombie Sang Komandan Islam Dan Kejayaan Islam di Brazil - Mendengar istilah "Zombie" pastinya Anda akan berfikir tentang makhluk kulit hitam nan kurus yang berlumuran darah serta merusak tanaman. Namun, bagaimana jika kita mengetahui asal usul penamaan Zombie yang sudah ada pada abad ke-15 masehi di Brazil.

Ternyata istilah "Zombie" adalah  nama seseorang komandan Islam yang gagah serta pemberani, yang telah berjasa menghidupkan kejayaan agama Islam di Brazil. Bahkan secara bertahap ia dan para ulama setempat berhasil mendirikan Daulah Islamiyah di Brazil.

Berikut ini sejarah Zombie yang di kutip dari tulisan Jihad al- Turbani berjudul Miatu min Udzoma' ummah al-Islam Ghoiru Majro at-Tarikh.

Setelah bangsa kulit putih eropa yang beragama Nasrani memasuki Amerika Selatan dan Utara. Orang-orang dari Eropa membagi tanah yang baru mereka duduki itu menjadi dua bagian operasi.

Inggris dan Perancis menguasai wilayah Amerika Utara dan wilayah Amerika Selatan dikuasai oleh Portugis dan Spanyol. Ada perbedaan yang sangat mencolok tentang bagaimana cara kedua pihak Eropa itu menjajah Benua Amerika.

Orang-orang dari Inggris dan Perancis berusaha untuk menguasai wilayah Amerika Utara dan menduduki tanahnya, dengan slogan "Orang Hindia yang baik adalah orang Hindia yang mati" adapun orang-orang dari Portugis dan Spanyol tidak menduduki tanah mereka secara langsung, namun mereka juga memiliki slogan di Amerika Selatan "Bunuh kemudian rampas hartanya dan pergi". Karena itu, perbedaan besar terkait keadaan ekonomi Amerika dan Kanada (Amerika Utara) dibandingkan dengan kondisi ekonomi negara-negara di Amerika Selatan yang lebih cenderung miskin.

Imperialis Portugis mengambil bagian di Brazil yang luas dan kaya sementara Spanyol mengurusi beberapa negara yang lain. Portugis menjajah Brazil dengan cara kekejaman yang nyata. Mereka melakukan pembunuhan kepada penduduk asli Brazil agar dapat menguasai kekayaan mereka. Mereka mengeruk tambang emas dan memindahkannya ke Portugal melalui para penduduk Brazil (kerja paksa).

Tidak hanya di Brazil saja, mereka juga mencampurkan penduduk asli Brazil dengan orang kulit hitam di Afrika dengan cara menjajah wilayah umat Islam di Afrika Barat. Mereka memiliki tujuan untuk memasukkan orang-orang Afrika yang dikenal dengan keras dalam bekerja, ke negara Brazil guna mengeruk kekayaan Amerika Selatan demi kepentingan penjajah. Secara bertahap mereka membawa orang-orang Islam Afrika melalui kapal-kapal mereka ke wilayah Brazil. Hingga pada akhirnya banyak dari mereka yang dijadikan budak pada awal tahun 1538 masehi. Tidak sampai 40 tahun sudah 14 ribu orang Islam dari Afrika yang dipindahkan ke Brazil sedangkan sejumlah penduduk saat itu tidak lebih dari 57 ribu.

Pada tahun berikutnya, Portugis terus menambah jumlah orang kulit hitam di Brazil, yaitu dari orang-orang Angola yang mencapai 642 ribu penduduk muslim negro (kulit hitam), mereka mendatangkan penduduk besar Islam Afrika bagian barat secara bertahap dan besar-besaran. Dan hal ini dikuatkan dengan beberapa dokumen-dokumen yang masih ada di Museum Brazil. Kebanyakan orang yang datang dari Afrika ke Brazil adalah keturunan orang-orang Islam yang dapat membaca Al-Qur'an. Namun, kemudian penjajah mulai mendatangkan paham agama Nasrani kepada mereka sehingga ada sedikit perlawanan dari orang-orang ini, namun orang-orang Portugis terus menekan dan memaksakan agama Nasrani kepada mereka dengan ancaman pembunuhan dan penyiksaan.

Maka ketika orang-orang Nasrani mengira bahwa Islam telah redup dan mati di tanah Brazil selamanya. Datanglah seorang pahlawan Islam yang bernama Zombie. Ia berhasil menyalakan api semangat kepada pemuda Islam yang tersisa di Brazil. Maka sang komandan ini bergerak bersama para ulama sekitar untuk menyeru orang-orang di Brazil untuk memahami ajaran Islam hingga mereka mengerti agama yang mulia ini.

Mereka juga mengajarkan bacaan Al-Qur'an serta syariat Islam yang sangat toleran dan terpuji. Dan seiring bertambahnya waktu jumlah mereka semakin hari bertambah. Maka ketika azzam mereka tertata dengan kuat, Zombie sang komandan Islam mengumumkan pembentukan "Negara Islam Brazil" pada tahun 1643 masehi. Ia juga menyebutkan peraturan yang pertama, bahwa kebebasan adalah asas dari hukum yang ditegakkan diwilayahnya.

Mengetahui perkembangan Islam yang sangat pesat, pihak Portugis melancarkan serangan kepada negara-negara kecil yang tengah berkembang di Benua Amerikat tersebut. Namun, dengan izin Allah SWT, Zombie dan umat Islam lainnya berhasil mengalahkan penjajah hingga berkembang luaslah wilayah Islam di Brazil. Bahkan Zombie juga dapat menaklukkan 20 daerah di wilayah Negara bagian Bahi di Brazil. Dan terus berlangsungya Negara Islam di Brazil ini hingga lebih dari 50 tahun lamanya.

Perjuangan kaum muslim kulit hitam melawan imperialis terus berlangsung hingga kekaisaran Portugis yang berada menancapkan pengaruhnya untuk memadamkan perkembangan Islam yang lama-kelamaan semakin membesar. Maka kemudian dikirimlah angkatan laut kekaisaran lain untuk membantu Portugis guna menghancurkan benih-benih revolusi Islam pada tahun 1695 masehi. Hingga gugurlah para pejuang satu-persatu dan imperialis semakin membentangkan kekuasaan mereka di Brazil.

Masihkah kita mengira bahwa Zombie adalah makhluk yang menakutkan, buruk rupa, dan berperilaku jahat?

Penjajah dari Barat mencoba menyebarkan image Zombie karena kekhawatiran mereka akan munculnya sosok pejuang seperti Zombie di Amerika Selatan.

Orang-orang sekarang di paksa untuk takut dengan gambaran Zombie yang digambarkan sebagai makhluk yang perusak, kurus, dan buruk.

Padahal yang sebenarnya terjadi kaum imperialis ingin kembali menggunduli pohon-pohon keIslaman yang telah berkembang pesat di dunia, Sebagaimana yang mereka lakukan kepada pertumbuhan Islam di Brazil saat itu.

Baca Juga: Mengungkap Sejarah Legenda Zombie di Pulau Haiti, Karibia.

Referensi: http://www.lasdipo.co/kajian/tsaqofah/2015/06/05/sejarah-zombie-sang-komandan-islam-dan-upaya-barat-menjelekkan-citranya.html.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Sejarah Zombie Sang Komandan Islam dan Kejayaan Islam di Brazil. Ada dua versi yang berbeda mengenai penjelasan Zombie yang sebenarnya dijelaskan oleh film-film yang ada di barat bisa jadi film-film itu menggambarkan Zombie seperti artikel ini atau dikaitkan dengan Sejarah Legenda Zombie di Pulau Haiti, Karibia. Silahkan Anda membuat opini masing-masing. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close