√ Bahaya Wi-Fi Gratisan Rawan Intaian Hacker - Ensiklopediasli

Sabtu, 06 Juni 2015

Bahaya Wi-Fi Gratisan Rawan Intaian Hacker

Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratisan Rawan Intaian Hacker - Di zaman modern ini pasti banyak yang menggunakan fasilitas gadget dan biasanya sering memakai layanan Wi-Fi umum yang tidak memakai password/gratis. Mulai sekarang Anda harus berhati-hati.

Perusahaan software keamanan Avast melakukan survey terbaru yang menunjukkan bahwa 77 persen para pengguna smartphone dan tablet sangat beresiko kehilangan privasi dan pencurian identitas melalui jaringan Wi-Fi. Bagaimana bisa demikian?

Free Wifi Zone
Karena disebabkan oleh resiko menggunakan Wi-fi publik/gratis tanpa perlindungan koneksi internet membuat berbagai informasi personal menjadi incaran terhadap serangan cyber.

Lebih lanjutnya, detail survey tersebut menunjukkan jika lebih dari 1.100 orang Indonesia lebih menyukai menggunakan jaringan Wi-Fi publik atau gratis, yang kebanyakan tidak perlu memakai password ataupun registrasi.

Selain daripada itu, 41 persen responden menunjukkan bahwa tidak pernah atau jarang mematikan pemancar Wi-Fi mereka dan membiarkan pengaturan perangkat mereka secara otomatis bergabung dengan Wi-Fi publik, sehingga memberi kesempatan kepada para hacker untuk bisa masuk dan mengakses informasi personal mereka.

Bahkan, ketika terhubung ke Wi-Fi publik, Avast menemukan hanya 10 persen orang Indonesia yang menggunakan VPN (virtual private network) untuk melindungi perangkat mereka.

Ondrej Vicek, COO Avast, mengatakan bahwa dengan semakin populernya penyimpanan cloud dan berkembangnya jaringan Wi-Fi gratis, jaringan yang bebas tanpa menggunakan sebuah password menempatkan pengguna layanan Wi-Fi gratis lebih beresiko terhadap data pribadi penting penggunanya.

"Mayoritas orang Indonesia tidak sadar bahwa semua informasi pribadi pada perangkat mobile tidak memiliki pertahanan jika terhubung ke Wi-Fi publik yang tidak memiliki perlindungan. Jaringan semacam ini menciptakan titik masuk bagi hacker untuk menyerang jutaan pengguna Wi-Fi publik setiap harinya," ujar Vicek pada Media Briefing Avast Software di Jakarta.

Oleh sebab itu, Avast berinisiatif untuk mengembangkan sebuah sistem keamanan VPN bernama Avast Secure Line VPN, yang berguna untuk melindungi koneksi internet pengguna dengna enkripsi standar militer dan dapat menyembunyikan alamat IP/Hide IP pengguna dari serangan hacking.

Aplikasi mobile ini pun juga bisa menyembunyikan riwayat browsing dan dapat mengamankan data pribadi penggunaan internet para penggunanya.

Selain Avast Secure VPN, inovasi terbaru yang di hadirkan oleh Avast adalah aplikasi pelindung data pribadi Avast Secure Me. Aplikasi ini juga berguna untuk memberitahukan kepada pengguna jaringan Wi-Fi mana yang aman.

Jika pengguna memilih untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tidak aman, aplikasi ini akan melakukan koneksi aman menggunakan teknologi pemindaian router dengan password yang lemah, jaringan nirkabel yang tidak aman, dan router yang banyak diincar para hacker.

Anda dapat mengunduh aplikasi mobile proteksi keamanan Wi-Fi ini di App Store dan Google Play Store yang pastinya gratis.

Baca Juga: 4 Negara Yang Paling Ditakuti Amerika Karena Hackernya.

Referensi: http://tekno.liputan6.com/read/2245024/wi-fi-gratisan-rawan-intaian-hacker

Demikianlah artikel saya kali tentang Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratisan Rawan Intaian Hacker. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan ya. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close