√ 5 Desain Rumah Yang Unik dan Menarik di Indonesia - Ensiklopediasli

Rabu, 03 Juni 2015

5 Desain Rumah Yang Unik dan Menarik di Indonesia

5 Desain Rumah yang Unik dan Menarik di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan sangat kaya. Sehingga beragam suku bangsa, ternyata di Indonesia juga mempunyai desain rumah yang unik dan menarik. Mulai dari desain seperti Gurita, hingga desain rumah dari botol. Selain yang saya sebutkan diatas banyak lagi rumah-rumah dengan desain unik yang bisa memanjakan mata dengan keindahan rumah tersebut.

Mau tau rumah apa saja yang unik dan menarik di Indonesia. Simak artikel berikut ini.

1. Rumah Gurita


rumah gurita

Rumah Gurita yang berada di belakang Hotel Grand Aquila Bandung ini adalah salah satu rumah yang unik di Indonesia. Patung Gurita yang menempel di atap rumah membuat rumah ini terlihat unik. Atapnya seolah "dikuasai" oleh tangan-tangan tentakel gurita.

Patung Gurita ini berfungsi sebagai payung untuk menaungi ruang makan yang terletak dibawahnya. Rumah ini pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 2014 kemarin, terlepas dari isu keangkerannya. Konon, gurita ini dibuat dari tandon air rumah tersebut. Masyarakat lebih mengenal rumah ini dengan sebutan Rumah Gurita.

2. Rumah Domes



rumah domes
Rumah Domes terletak di Dusun Nglepen, Kelurahan Sumberhajo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rumah ini berbentuk melengkung mirip igloo, rumah Suku Eskimo. Ada juga yang mengatakan mirip rumah Teletubbies. Rumah putih berbentuk kubah atau setengah bola yang diklaim mempunyai keunggulan tahan gempa dan terpaan angin hingga kecepatan 450 km/jam.

3. Rumah Botol


rumah botol

Rumah Botol terletak di kawasan Cigadung Selatan, Bandung. Disebut rumah botol karena rumah ini menghabiskan 30.000 botol bekas yang berdiri diatas tanah 373 meter persegi. Rumah yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi inirt mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselengarakan oleh BCI Asia. Selain rumah ini ramah lingkungan, Rumah Botol juga berjasa dalam penghematan energi. Dindingnya yang terbuat dari kaca sehingga membuat sinar matahari lebih mudah masuk dan tidak perlu menyalakan lampu pada waktu malam hari.

Mau tau rumah ini milik siapa? Rumah unik satu ini dimiliki oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pria yang memang memulai membangun rumah ini pada tahun 2005  dengan mengumpulkan botol bekas dari pemulung-pemulung di Kota Bandung dan beberapa kota sekitarnya.

4. Guest House rumah dinas Bupati Banyuwangi


 Guest House rumah dinas Bupati Banyuwangi

Konsep rumahnya mirip seperti rumah Hobbit dalam film The Lord of The Rings yang dari luar tampak seperti bunker ditutupi oleh rumput hijau, dan jendela-jendela seperti cerobong asap yang berlapiskan kaca berguna sebagai penerang ruangan dan kamar bangunan ini. Bangunan yang dibesut oleh arsitek ternama yaitu Adi Purnomo, di sebut pula sebagai green house. Desain interiornya yang cantik dan juga elegan. Furniturnya diisi dengan kerajinan Banyuwangi. Tempat ini sendiri berguna untuk menerima tamu-tamu yang penting.

5.  Rumah Pohon


rumah pekanbaru

Rumah ini terletak di Papua, suku Korowai membangun rumah mereka di atas pohon. Seluruh bahan material berasal dari pepohonan , ketinggian rumah ini mencapai 50 meter dari permukaan tanah. Masyarakat adat Korowai dijuluki sebagai "Manusia Pohon", karena selalu membuat rumah bertengger di atas pohon.

Baca Juga: 7 Desain Rumah Yang Unik dan Menarik di Dunia.

Referensi: http://indonesiatop.blogspot.com/2010/03/rumah-terunik-di-indonesia.html, http://www.brilio.net/life/ini-5-rumah-unik-dan-keren-di-indonesia-yang-perlu-kamu-sambangi-150415q.html.
Demikianlah artikel saya kali ini tentang 5 Desain Rumah Yang Unik dan Menarik di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan. Sekian dan Terimakasih.

Get notifications from this blog

 
close